Selasa, 07 Juli 2009

SAVE OUR PUBLIC FACILITIES!!!


Apakah kalian pernah perhatiin fasilitas umum yang kita punya, khususnya di jakarta gak?
Kebanyakkan pasti udah jelek banget keadaannya, dan bahkan sudah beralih fungsi..

ada trotoar yang udah jadi pangkalan ojek n tempat jualan..
ada halte yang udah jadi kamar tidur buat tukang-tukang...
banyak telepon umum udah gag ada teleponnya..
banyak pengendara motor yang sering banget berlagak kayak pejalan kaki, alias jalan di trotoar, nyebrang di zebra cross, bahkan menggunakan jembatan penyeberangan buat nyebrang...PARAH!!

Pernah sadar gag, kalo kalian coba search google n tulis 'fasilitas umum' , yang akan banyak keluar di halaman pertama, hampir semuanya adalah cerita-cerita miring soal fasilitas umum kita, ya soal kerusakan yang terjadi, alih fungsi, sampe cerita-cerita aneh soal penggunaan fasilitas umum...

kacau banget ya negara kita...?!??
nah menurut kalian gimana? apa mesti dibiarin aja? gimana cara bisa menanamkan sikap memelihara fasilitas umum kita kepada msyarakat luas?

tolong tulis komentar kalian mengenai masalah ini, dan masukkan foto-foto ataupun video yang dapat menunjukkan keadaan yang sebenarnya terjadi pada fasilitas umum kita... ini diupayakan sebagai salah satu bentuk kampanye menyelamatkan fasilitas umum kita..

SAVE OUR PUBLIC FACILITIES!!!

THX for your participation...

24 komentar:

  1. gimana mau ngerawat fasilitas umum klo ga punya tanggung jawab buat ngerawat barang2 yang kita punya. kepribadian seseorang emang bisa kelihatan dari kepeduliannya terhadap berbagai fasilitas yang ada, apalagi fasilitas umum yang notabennya dipake sama orang banyak.
    hmmm... masih agak susah kali ya menanamkan sikap kepedulian terhadap hal-hal seperti itu klo belum ada rasa tanggung jawab dan kesadaran akan hal tsb.

    oia, jgn lupa kunjungi: www.gerakanpeduliwaktu.wordpress.com

    BalasHapus
  2. kACAU BANGET EMANK ..gile
    susah juga si ya..terlalu banyak penduduk
    terlalu banyak kendaraan umum..dll..
    arus ada kesadaran dari masing2 org bwad membuat semuanya lebih baik.hoho

    kunjungin blog gw juga ya..:
    http://loveseals-nova.blogspot.com/
    comment and be follower juga ya..hehe

    BalasHapus
  3. Memang saat ini kita hanya bisa membuat tapi tidak bisa merawat jadi ya begini jadinya, tidak ada fasilitas umum yg bisa bertahan lama. Kalau pemerintah tidak bisa merawat fasilitas umum sebaiknya tanggung jawab tersebut diberikan kepada rumah/bangunan yang ada di sekitarnya, jadi dibuat semacam cluster yg harus merawat fasilitas umum tsb. Misalnya fasilitas umum di jalan sudirman merupakan tanggung jawab seluruh penghuni di jalan tsb, dan aku yakin nantinya mereka akan mensubtitusikan pekerjaan tsb ke orang/perusahaan lain dan itu akan menambah lapangan pekerjaan. Lalu Gedung yang karyawannya > 20 orang diwajibkan menyediakan lahan untuk kantin , untuk perusahaan > 100 orang selain menyediakan kantin harus juga menyediakan lahan untuk pedagang kaki lima ( dengan aturan bertingkat ) Dengan adanya aturan tsb maka pemerintah bisa dengan tegas melarang trotoar digunakan untuk berjualan.

    Untuk mengurangi kemacetan di Jakarta , busway harus sampai di luar kota dan tempat-tempat perumahan dan pemerintah juga harus menyediakan lahan parkir yg memadai di tempat-tempat tsb sehingga karyawan yg dari luar kota bisa naik busway dengan emarkir kendaraan/mobil di tempat busway tsb dan jumlah armadanya harus di tambah agar nyaman.

    paulus

    BalasHapus
  4. klo mnrt gw, public facilities kita kurang dijaga krn masyarakat tuh mikir, wah ini kan bukan punya kita, ngapain dijaga.. nah pemikiran kyk gt lah yg harusnya diubah..

    selain itu, kebanyakan masyarakat juga mengenggap kalo mereka ud membayar pajak dan segala macam iuran, jd mereka berhak menggunakan sesukanya dan jadi tidak bertanggung jawab..

    BalasHapus
  5. iya nih, fasum disini kacau semua.... tapi sebanding juga sich sama moda transportasi umumnya :)
    kayaknya masalah ini baru bisa beres kalo mayarakat kita sudah punya kesadaran yg tinggi tentang fasum ini... yach pokoknya balik ke moral ama pribadi masing2 dech... kalo ngarepin pemerintah /pemda setempat rasanya jangan berharap banyak, mereka cuman bisa menghimbau dan buat peraturan doank... trus malah bisa dijadikan ladang korupsi baru dech...(nanti bisa ada anggaran perbaikan fasum lagi... atau memang udah ada kali yach? cuman kita aja yg gak tau...)
    untuk fasum halte, kalo saya pengennya moda transportasinya di perbaiki dulu dech, misalnya bus2 nya di bagusin, jangan berenti seenaknya (sebaiknya angkut penumpang di halte yang disediakan, kalo penumpangnya gak di halte yach jangan diangkut... nanti juga penumpangnya nurut sendiri untuk menunggu di halte), jangan ugal2an, kalo bisa supirnya jangan pake sistem setoran sehingga sopir bisa lebih baik kerjanya,mmmm... apalagi yach? Oh yach untuk saat ini kayaknya boleh tuh disediakakn bus khusus untuk perempuan, karena kalo seperti sekarang kondisinya, kesian juga yach mereka mesti berdesak2an....

    BalasHapus
  6. emank nih bner bgt tp skrg kan udah ada busway jd lumayan lha... slaen murah termsk nyaman jg cm yah bgitu dhe kdg sering gak tertib dan bisnya suka turunin penumpang di tempat naik jg apalg kalo di halte central nya harmoni...
    saran saya jgn smua jurusan numpuk dsana kan bs dbagi ke halte swh besar jg...

    BalasHapus
  7. Emank..apalagi trotoar tuh, byk banget yg dijadiin tempat jualan kaki lima..uda gt, kadang jualnya sering maksa lg..
    Kalo soal motor mah gk usa dingmg lg, mank uda mendarah daging..yah intinya c mereka cm mao cepet sampe ke tmpt tujuan, gk kena macet, tp tetep aja menggangu ketertiban..membahayakan pejalan kaki jg lagi..ckck

    BalasHapus
  8. menurut gw, fasilitas kita bs banyak yg tertelantarkan gitu krn pengguna fasilitasnya ndiri belom bisa ngehargain n cinta sama Indonesia. klo dy punya perasaan memiliki/mempunyai yg bisa bikin dy peduli,, pasti dy juga mau ngerawat atau minimal ga memperparah keadaan fasilitas2 qt yg emang udh ancur...

    comment jug di blog gw ya,, tp lom ada,,blm buat.. ntar gw inform agy ya dell.. hehehhe.. :)

    BalasHapus
  9. sdr2 thx ya comments2nya... tp we are know, that i need moresssss... hahahahha...
    "SAVE OUR PUBLIC FACILITIES"!!

    BalasHapus
  10. yah,..skr busway aja ud mulai jorok..
    yg pling bnr transport nya cm taxi blue bird..hahah..
    tp mahal..>.<

    BalasHapus
  11. hmm,,tenang,,,
    g salah satu pemakai fasilitas umum koq,,
    naik taxi n naik bus ud jd kegiatan sehari2 kalo kuliah,,hahaha..

    iya nih kalo qt ngehargain fasilitas umum n mau menggunakanny,,berarti secara ga langsung qt membantu org buat dpt kerja, jd supir gt,,hehehe..

    BalasHapus
  12. fasilitas umum emnk harus dibenahi lagi nie...terlalu parah kalo gak..

    BalasHapus
  13. kita mesti jaga fasilitas umum kita...

    BalasHapus
  14. gw setuju.. kita mesti jaga fasum kita... soalnya itu kan bayarnya pake pajak kt... hehe

    BalasHapus
  15. we love our public facilities..!!

    BalasHapus
  16. iya bukan pake pajak jg cih uang negara kaliii

    BalasHapus
  17. parah bgt..masa ngmg tuh adalh duit kita..,kurang ajar...

    BalasHapus
  18. tar gw suruh pemerintah tangkep lohhh

    BalasHapus
  19. pusink nie kalo ngmgin public facilities

    BalasHapus
  20. busway juga tuh bnyk yang gak benr..masa gw liat pengemudi berhentiin busway terus beli rokok..dia kira angkot apa

    BalasHapus